Dalam menunjang keberhasilan pengajaran dan IKU Prodi Karawitan, tim dosen Karawitan ISI Denpasar melakukan rapat koordinasi bersama mahasiswa semester 2, 4, dan 6 Prodi Karawitan yang juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Seni Pertunjukan, Dr. I Ketut Garwa, S.Sn.,M.Sn, WD 2 Bapak Dr.I Gede Yudarta, S.Skar.,M.Si, WD 3 Bapak Kadek Widnyana, S.Sn.,M.Sn, dan juga turut diundang ibu Dr. Dra. Ni Luh Sustuawati. M.Pd selaku narasumber program PKM dan MBKM.
Acara dibuka oleh Kaprodi Karawitan I Nyoman Kariasa, S.Sn.,M.Sn dilanjutkan dengan sambutan WD 3 Bapak Kadek Widyana, S.Sn.,MSi terkait kemahasiswaan. Dilanjutkan informasi dari ibu Dr. Dra. Ni Luh Sustuawati. M.Pd, terkait dengan program PKM untuk Mahasiswa Karawitan.

Pada rapat koordinasi ini membahas beberapa agenda Prodi Karawitan dalam rangka peningkatkan kwalitas pembelajaran menuju ketercapaian lulusan yang unggul. Disampaikan dalam hal ini, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) khususnya bagi mahasiswa semester 6.

Fot0 : Kegiatan Rapat Prodi Karawitan Dokumentasi, Prodi Karawitan ISI Denpasar, 2023

Ibu Dr. Dra. Ni Luh Sustuawati. M.Pd menyampaikan bahwa di dalam program MBKM ada 9 kegiatan yang harus diketahui dan dipahami oleh mahasiswa yakni; Magang Bersertifikat, Studi Independen, Kampus Mengajar, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Membangun Desa (KKN Tematik), Proyek Kemanusiaan, Riset atau Penelitian, dan Wirausaha. Terkait dengan hal tersebut, sebelumnya juga sudah diadakan workshop penulisan proposal oleh Institut Seni Indosesia Denpasar kepada mahasiswa. Para mahasiswa dianjurkan untuk menulis proposal di PKM (Program Krativitas Mahasiswa). Diinformasikan bahwa, jika mahasiswa berhasil memenangkan proposal PKMnya akan mandapat kemudahan 4-7 SKS sebagai pengganti beban mata kukiah mahasiswa. IKU 1, lulusan mendapatkan kemudahan pekerjaan. IKU 2, mahasiswa mendapat pengalaman pembelajaran di luar kampus. Pengumpulan proposal hingga akhir Pebruari 2023 ini. Disarankan mahasiswa secara proaktif menulis dengan ide gagasan kreatif dalam penciptaan. Banyak hal yang dapat dijadikan sumber ciptaan dari kehidupan sosial, budaya, dan sebagainya. Dibutuhkan niat dan kerja keras serta keseriusan dalam menunjukan potensi diri. Prodi Karawaitan sebagai bunga seni pertunjukan di Kampus ISI diharapkan mampu bersaing di tingkat nasional. Bagi dosen juga dipandang penting melakukan penelitian guna menunjang Tri Darma Perguruan Tinggi menyangkut terkait IKU 3 yakni dosen berkegiatan di luar kampus. Hasil kerja dosen juga mengacu pada IKU 5, yakni hasil kerja dosen mendapat kontribusi dalam pengabdian masyarakat menyangkut BKD. Ditambahkan juga para pendamping dosen mendapat uang penghargaan apabila prposalnya dinyatakan lolos.

Foto : Dosen dan Mahasiswa Prodi Karawitan Dokumentasi, Prodi Karawitan ISI Denpasar 2023

Kaprodi menjelaskan program MBKM semeter 6 disebar di 8 kabupaten se-Bali. MBKM semeter 6 harus melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing sebelum proposal disetorkan ke Prodi Karawitan. Nilai MBKM dalam KKNT mendapatkan bobot 20 sks di dalamnya ada 5 program yakni; studi kasus 3 sks, Promosi dan Pemasaran Digital 3 sks, workshop 3 sks, seminar 3 sks, Literasi Karawitan 2 sks, Karawitan Mengabdi/mencipta atau berkarya 6 sks. Mahasiswa harus membuat projek yang berbeda-beda dengan mahasiswa lainnya dalam 1 tempat. Mahasiswa harus melakukan observasi kentempat KKNT, mengggali kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat. Metode apa yang digunakan, serta pencarian literatur. Mahasiswa harus melakukan bimbingan proposal terlebih dahulu. Termasuk pembekalan tentang tata krama. Dalam hal ini juga dibagi dosen pembimbing sesuai jumlah mahasiswa. Mahasiswa menyiapkan proposal dan membuat Pakta Intergritas, wajib melalukan bimbingan sebanyak 16 X pertemuan.

Ditambahkan “terkait perubahan jadwal mata kuliah. Kiss Method pada masing- masing Mata Kuliah yang ada pada semester genap. Dalam Karawitan Golongan Tua misalnya menggunakan model pembelajaran Kiss Method yakni Berbasis kasus: merujuk pada teori, paktek, analisis kasus. Di dalam rate waktu pengajaran yang panjang, diperlukan strategi pengajaran. Mata kuliah yang mendapat 4 sks, diampu oleh 4 dosen dengan durasi waktu yang cukup lama. Kelas teori dengan nilai 2 sks diampu oleh 2 dosen, dengan pembagian pertemuan 1-8 dalam setiap dosen pengampu. Rektor ISI Denpasar telah merancang pemerataan jam mengajar di kalangan kampus ISI Denpasar guna menciptakan iklim pengajaran yang kondusip, nyaman, serta semata demi kemajuan kampus ISI Denpasar menuju perguruan tinggi seni terbaik di Indonesia.

Foto : Dosen dan Mahasiswa Prodi Karawitan Dokumentasi, Prodi Karawitan ISI Denpasar 2023

Loading...